Batman Begins - Help Select

Rabu, 20 Mei 2015

Instalasi Firmware Openwrt pada Router Huawei HG553

Sebelum melakukan instalasi tentunya kita membutuhkan firmware openwrt dalam bentuk file bin, saya sendiri men-download langsung dari downloads.openwrt.org. Ada berapa versi untuk router Huawei HG553 dengan chipset Broadcom 6358 yang dapat kita download, dua diantara yaitu Attitude Adjustment dan Barrier Breaker.

Untuk melakukan instalasi kita juga membutuhkan komputer dan kabel lan (UTP) untuk menghubungkan router ke komputer melalui lan.

Setelah semuanya tersedia maka kita dapat memulai instalasi. Disini saya menggunakan firmware Openwrt Barrier Breaker, langkah-langkahnya:
  1. Hubungkan router dengan komputer menggunakan kabel lan. Router dihubungkan melalui lan port 1, 2 atau 3.
  2. Hidupkan router dan komputer.
  3. Konfigurasi IP lan komputer menjadi 192.168.0.2 dan subnet menjadi 255.255.255.0.





  4. Akses halaman firmware router menggunakan browser dengan alamat http://192.168.0.1. Masuk dengan user 'admin' dan password 'admin' untuk router dengan firmware kisumu custom.



  1. Setelah masuk, pindah ke halaman Management | Update Software untuk instalasi firmware openwrt. Pilih file firmware openwrt yang akan diinstal dengan meng-klik [Choose File] dan klik [Update Software] untuk melanjutkan instalasi, tunggu berapa saat.


  1. Ganti IP lan komputer menjadi 192.168.1.2.
  2. Akses halaman firmware openwrt (Luci) menggunakan browser dengan alamat http://192.168.1.1. Bila sudah muncul halaman firmware openwrt berarti kita sudah berhasil meng-instal openwrt.


Bila gagal/ tidak dapat mengakses halaman firmware, kemungkinan terjadi kegagalan instalasi, maka kita dapat melakukan langkah selanjutnya.
  1. Lakukan reset 30 detik pada router, tunggu berapa saat. Lihat prosedur reset 30 detik.
  2. Coba akses kembali halaman firmware menggunakan browser dengan alamat http://192.168.1.1. Bila berhasil maka akan masuk ke halaman Update Software. Pilih file firmware yang sama pada langkah (5) dengan meng-klik [Choose File] dan klik [Update Software] untuk melanjutkan instalasi, tunggu berapa saat.




  1. Akses kembali halaman firmware dengan alamat http://192.168.1.1, jika berhasil masuk maka kita sudah berhasil meng-instalasi firmware openwrt.




Prosedur Reset 30 detik.
  1. Router dalam keadaan mati, tekan tombol reset dan tahan.
  2. Hidupkan router, tombol reset jangan dilepas.
  3. Lepas tombol reset setelah 30 detik. 




Karena firmware openwrt yang digunakan merupakan versi standar maka untuk selanjutnya dibutuhkan instalasi paket-paket lain/ tambahan sesuai kebutuhan seperti paket untuk 3g USB dongle, USB storage dll.

Referensi : 

http://www.adekusmana.com/2014/10/instalasi-firmware-openwrt-pada-router_6.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar